Rabu, 02 Agustus 2017

Resep Sayur Asem Jawa Timur

Sayur asem adalah masakan berkuah tradisional dengan citarasa segar dan enak dengan sedikit rasa asam yang unik. Asem atau asam merupakan salah satu ciri khas dari resep sayur ini. Baik itu sayur asem jawa, sayur asem jakarta ataupun sunda pasti mempunyai citarasa tersebut. Walaupun masing masing jenis sayur tersebut menggunakan bumbu sayur asem yang berbeda, tetapi rasa asam nya pasti masih terlihat dan terasa di lidah saat kita menikmatinya. Selain bumbu, tentu saja bahan untuk membuat sayur asem di tiap daerah tadi juga sedikit berbeda. Yang paling pas memang kita mencoba semua resep sayur asem tradisional khas tiap daerah tersebut untuk menu masakan buat keluarga di rumah.


Sayur asem ini memang salah satu resep sayur berkuah tradisional yang paling banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat kita. Tidak perduli dari golongan apa pasti banyak yang menyukai resep sayur asem ini. Cocok sekali untuk menu sarapan pagi atau menu buka puasa yang sehat dan segar. Resep membuat sayur asem ini memang sangat sederhana dan praktis. Resep bumbu sayur asem juga termasuk simpel sehingga praktis sekali dimasak saat kita tidak punya banyak waktu untuk membuat masakan berkuah buat keluarga di rumah. Selain itu bahan sayuran yang diperlukan untuk resep masak sayur asem ini juga bisa disesuaikan dengan stok yang ada di kulkas kita lho.

Baca juga:
http://resepnusa.net/resep-membuat-whipped-cream-enak
http://resepnusa.net/resep-red-velvet-cake-ncc-kukus-lembut
http://resepnusa.net/cara-membuat-waffle-belgia-enak-dan-gurih
http://resepnusa.net/resep-chicken-wings-richeese-enak
http://resepnusa.net/cara-membuat-topping-donat-tiramisu-enak

Resep Sayur Asem Jawa Timur

Dibandingkan dengan aneka resep sayur lainnya, sayur asem jawa ini memang paling praktis cara membuatnya. Bahkan bawang merah dan bawang putihnya tidak perlu dihaluskan dan cukup diiris tipis tipis saja. Satu lagi yang sedikit berbeda yaitu banyak diantara orang Surabaya, Malang ataupun daerah Jawa timur lainnya yang tidak menggunakan melinjo dan daun melinjo sebagai bahannya. Tetapi kalau mau bisa ditambahkan juga kok. Sebagai gantinya mereka menggunakan daun kangkung segar dan krei sebagai salan satu bahan membuat sayur asemnya.

Bahan
  • Kecambah atau tauge kedelai secukupnya sesuai selera. Cuci bersih dengan air mengalir kemudian buang ekor atau ujungnya.
  • Labu siam atau krei secukupnya sesuai selera. Potong sesuai selera.
  • Daun kangkung segar kurang lebih sebanyak 2 ikat. Cuci bersih kemudian buang ujung batang bawahnya.
  • Wortel secukupnya kalau suka. Kupas kulitnya kemudian iris sesuai selera.
  • Tomat segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci kemudian belah menjadi 4 atau 3.
  • Jagung manis segar kalau suka 1 batang saja. Potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  • Air bersih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.5 liter untuk kuahnya.
Bahan Bumbu Sayur Asem Jawa
  • Bawang merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 ps saja. Kupas kulit luarnya kemudian iris tipis tipis.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 pcs. Kupas kemudian iris tipis tipis juga.
  • Asam jawa secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 lembar.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3 sendok kecil.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
Resep Masak Sayur Asem Jawa Timur
  1. Pertama siapkan panci kemudian rebus air yang sudah disiapkan sampai mendidih.
  2. Tuang irisan bawang merah, bawang putih, daun salam dan asem jawanya kemudian aduk sebentar.
  3. Masukkan kangkung, jagung, kecambah dan wortelnya kemudian aduk dan masak sampai setengah matang.
  4. Masukkan sisa bahan termasuk garam dapur dan gula pasir kemudian aduk sebentar sampai semua bahan matang.
  5. Tes rasa dan cicipi sayur asem nya kemudian tambahkan garam, gula atau asem jawa kalau diperlukan sesuai selera.
  6. Angkat dan pindah ke mangkuk sayur dan dinginkan supaya lebih mantap.
Sumber:

This Is The Newest Post

1 komentar so far

Hiv disease for the last 3 years and had pain hard to eat and cough are nightmares,especially the first year At this stage, the immune system is severely weakened, and the risk of contracting opportunistic infections is much greater. However, not everyone with HIV will go on to develop AIDS. The earlier you receive treatment, the better your outcome will be.I started taking ARV to avoid early death but I had faith in God that i would be healed someday.As a Hiv patent we are advise to be taking antiretroviral treatments to reduce our chance of transmitting the virus to others , few weeks ago i came on search on the internet if i could get any information on Hiv treatment with herbal medicine, on my search i saw a testimony of someone who has been healed from Hiv her name was Achima Abelard and other Herpes Virus patent Tasha Moore also giving testimony about this same man,Called Dr Itua Herbal Center.I was moved by the testimony and i contacted him by his Email.drituaherbalcenter@gmail.com We chatted and he send me a bottle of herbal medicine I drank it as he instructed me to.After drinking it he ask me to go for a test that how i ended my suffering life of Hiv patent,I'm cured and free of Arv Pills.I'm forever grateful to him Drituaherbalcenter.Here his contact Number +2348149277967...He assure me he can cure the following disease..Hiv,Cancer,Herpes Virus,Epilepsy, fibromyalgia ,ALS,Hepatitis,Copd,Parkinson disease.Genetic disease,Fibrodysplasia Ossificans Progressiva,Factor V Leiden Mutation ,Fatal Familial Insomnia ,Dupuytren's disease,Fibrodysplasia Ossificans Progressiva,Fluoroquinolone Toxicity Syndrome,Inflammatory bowel disease ,Huntington's disease ,Diabetes,Fibroid...


EmoticonEmoticon